Tri Wahana Universal

Tri Wahana Universal (TWU) merupakan Perusahaan Kilang Skala Kecil pertama milik swasta yang didirikan oleh Bapak Rudy Tavinos yang saat ini menjabat sebagai CEO dan Founder.
Kilang TWU didirikan di Desa Sumengko, Kecamatan Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro, Provinsi Jawa Timur seluas 7,2 Ha dengan jarak 7 Km dari sumur minyak Lapangan Banyu Urip yang dioperasikan oleh ExxonMobil Cepu Limited.
Keberadaan Kilang TWU memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar wilayah kilang dengan turut serta memberdayakan masyarakat untuk menjadi bagian TWU dan memberikan penyuluhan serta bantuan sosial masyarakat sekitar.
Kilang TWU sudah memenuhi persyaratan Amdal dan memiliki izin lingkungan sebagai syarat pemenuhan atas peraturan perundang-undangan yang berlaku dan kepedulian terhadap lingkungan hidup.
TWU melakukan bantuan CSR di bidang Pendidikan, Kesehatan, Pemberdayaan Ekonomi, Pertanian, Perkebunan, Peternakan dan Keagamaan.
Konsep TWU

Keberadaan Kilang TWU berskala kecil merupakan salah satu strategi untuk meningkatkan ketahanan energi, dengan mewujudkan aspek 4A Availability (Ketersediaan), Accesibility (Kemampuan mengakses sumber minyak), Acceptability (memperhatikan penggunaan energi yang perduli lingkungan) dan Affordability (keterjangkauan harga).

Kilang mini TWU memiliki konsep :

  1. Mendekati sumber atau sumur minyak mentah.
  2. Pendistribusian hasil produk Kilang mini yang diutamakan ke daerah sekitar kilang.
  3. Menggunakan teknologi yang efisien dan ramah lingkungan.
Teknologi TWU

Kilang TWU dirancang dengan sistim “skid-mounted” menggunakan pendinginan udara, sehingga ramah lingkungan dan tidak menimbulkan limbah cair. Moto kerja TWU dalam pengelolaan pengoperasian instalasi kilang mengutamakan keselamatan dan kesehatan kerja, pencegahan terjadinya kecelakaan kerja dari bahaya kebakaran, cepat tanggap dalam menghadapi keadaan darurat yang mengancam keselamatan kerja dan instalasi kilang yang ramah lingkungan dan efisiensi.

TWU Milestone

Proses awal (Study, Engineering dan Proses Design) dan Pencarian Lokasi 7,2 Ha
2007
Pembangunan Kilang TWU dengan kapasitas 6.000 Bpd (Kilang Train I) di Bojonegoro
2008
Train 1 beroperasi dengan kapasitas 6.000 Bpd
2010
TWU berencana melakukan ekspansi dengan membangun Kilang Train II yang berkapasitas 12.000 Bpd
2011
Kilang Train II mulai beroperasi dan menaikkan kapasitas produksi sampai dengan 18.000 Bpd
2014
Januari 2016, Kilang TWU sempat terhenti selama 7 bulan dan kembali beroperasi pada bulan Agustus 2016.
2016
Kilang TWU beroperasi normal dan memulai sistem Online untuk para pembeli.
2017

Direksi TWU

Rudy Tavinos - CEO dan Founder
Yuliantina Wangsawiguna - CFO dan Direktur HR